Apa yang harus dipersiapkan?


Apa yang harus dipersiapkan setelah anda yakin dan mantap untuk masuk ke dunia bisnis online? Setidaknya ada 3 hal yang harus anda persiapkan sejak saat ini juga. Dari ketiga hal ini bisa bisa di floorkan menjadi banyak anak cabang dan sub materi.


Membuat website

Jikalau bisnis offline, anda perlu toko, gudang, autlet, kasir, dan tetek bengek yang lainnya. Begitu juga untuk bisnis online, anda juga butuh properti. Apa itu? Ya anda harus mempunyai website sendiri.


"belum belum sudah buat website. Kan mahal.."?

Sebagian orang akan berkata begitu. Tapi tidak selamanya keluhan mereka benar, bahkan salah. Membuat sebuah website dijaringan internet sangatlah mudah. Dan anda tidak pelu merogoh kocek dalam-dalam. Bahkan ada yang gratis.. tiss...


Untuk memebuat website yang gratis, anda bisa membuat lewat fasilitas blog

Blogger

Wordpress

Multiply

blog

dll

anda bisa memanfaatkan fasilitas blog yang disediakan oleh server server tersebut, akan tetapi doamain yang anda dapatkan akan menjadi sub domain. Sekedar contoh apabila anda menggunakan blogger:

www.namadomainanda.blogspot.com atau jika menggunakan wordpress, www.namadomainanda.wordpress.com sudah barang tentu hal ini mengurangi imej profesionalisme anda dan usaha anda. Tapi jangan ragu. Anda bisa menggunakan domain gratis yang lebih funky and cool ... J gratis semisal www.namadomainanda.co.cc atau www.namadomainanda.cjb dan lain lain terus bagaimana hostingnya? Tetap menggunakan hosting pada blogger, wordpress, multiply dan yang lainnya, hanya domainnya saja yang berubah.

Kalau anda ada modal yang cukup, (gak perlu banyak) anda bisa membeli domain www.namadomain.com atau www.namadomain.net atau www.namadomain.org atau yang lainnya. Lebih pendek dan lebih keliahatan profesional dan dikelola dengan baik ketimbang yang gratis bukan?

Saya sarankan untuk membeli hosting gratis di beberapa penyedia jasa domain dan hsoting berikut ini

www.rumahweb.com

www.rumahosting.com

www.plasahosting.com


Posting konten

Ibarat sebuah toko sepeda motor, lebih baik lagi anda juga menyediakan layanan bengkel atau ganti oli. Layaknya anda punya sebuah rumah makan, anda juga lebih baik mempunyai koleksi koleksi resep masakan dari seantero indonesia. Layaknya anda punya warnet, sebaiknya anda juga menyediakan kafe untuk bincang-bincang. Begitu juga jika anda punya toko online atau usaha online yang lainnya, jangan hanya menjual produk, karena website anda tidak akan hanya berisi produk produk yang anda jual, tapi "apa yang pengunjung dapatkan selain bisnis, bisnis dan bisnis..."

Misalnya, anda mempunya toko online tentang obat obatan herbal, maka anda juga harus menyediakan page artikel artikel seputar obat obatan herbal, tanya jawab kesehatan, review produk dll. Karena dari situ pengunjug website anda merasa mendapatkan hal yang berharga selain bisnis. Perhatian itulah yang akan menarik customer untuk datang berkunjung.

Sebaiknya, anda mempunyi artikel artikel pokok yang serius, mendealam dan benar benar dapat dipertanggungjawabkan. Karena dari artikel tersebut imej konsumen akan terbangun tentang kredibilitas pemilik bisnis tersebut dibidangnya.

Jangan selalu berfikir apa yang saya dapatkan, tapi berfikirlah apa yang telah saya berikan.

Promosi

Ini dia yang harus anda lakukan setelah membuat website dan posting. Mengapa? Cobalah anda cari jawaban "ya" dari pertanyaan berikut.

  1. Apakah anda memposting artikel untuk anda baca sendiri?
  2. Apakah produk yang anda tawarkan hanya untuk kerabat dan kenalan anda sendiri?
  3. Produk saya hanya produk lokal, jadi untuk kalangan lokal saja. Apakah begitu?

Jika jawabannya tidak, maka anda perlu promosi. Karena internet adalah jaringan internasional yang bisa menawarkan produk anda keseluruh dunia. Tapi hal itu hanya mimpi jika anda tidak pernah mempromosikan website dan produk anda.


Bagaimana caranya??

Banyak cara untuk promosi produk dan website anda.


Mendaftarkan ke search engine

Google : www.google.com/addurl/

Yahoo : www.siteexplorer.search.yahoo.com/submit

Msn : www.search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=ASDD2


Dan masih banyak lagi. Saya sarankan anda membaca ebook dari O-Om yang bisa di download disini. Anda akan banyak tau bagaimana caranya promosi blog/website sehingga mendatangkan trafik yang tinggi


Mengiklankan di iklan baris

Bergabung ke forum-forum

Bergabung ke blog catalog

Bertukar link

Dll.


Untuk lebih jelas lagi dalam promosi blog, anda bisa belajar dari orang orang yang telah malang melintang dalam masalah promosi, anda bisa mendowload ebook tersebut disini. Dijamin puas, hehe..

Promosi itu masalah penting, tapi apa yang anda promosikan lebih penting lagi.


Salam sukses

Lintang Parahening

0 comments